Jadi Penulis Tanpa Buku? Kenapa Enggak?

Setelah vakum sekitar dua tahun lebih, akhirnya saya punya kesempatan untuk update blog yang mulai lumutan ini. Penyebab utamanya sih males, selain itu beberapa tahun belakangan saya mulai jadi penulis komersial. Artinya, saya baru nulis kalau ada yang bayar, hehe … Inilah kenapa, di postingan kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang menjadi penulis meskipun kita belum punya buku. Memang bisa? Zaman now gitu, apa yang tidak mungkin kan?

Lalu, bagaimana caranya?

Semua orang yang kenal saya pasti tahu, bahwa dari dulu impian utama saya adalah menjadi penulis. Meskipun hal tersebut tidak didukung prestasi (saya jarang menang lomba menulis), tapi bukan berarti impian tersebut harus saya abaikan. Jadi selama bertahun-tahun saya rajin nulis yang tidak komersial, seperti nulis di blog, atau mengetik puisi dan cerpen random di laptop. Sayang semuanya hanya jadi konsumsi pribadi, yang nulis saya, yang baca dan kritik juga saya, hehe…

Nah sekitar akhir tahun 2015, saya dapat kesempatan untuk jadi penulis setelah browsing dan mengembara di internet. Waktu itu saya gabut dan ingin menyalurkan bakat strolling di dunia maya seharian ke hal yang lebih bermanfaat. Kesempatan tersebut datang dari Kontenesia. Kebetulan situs penulis artikel online tersebut sedang mencari penulis. Berawal dari iseng, saya pun mendaftar.

Padahal waktu itu saya sama sekali enggak punya dasar ilmu menulis artikel konten. Modal saya cuma hobi nge-blog dan menulis puisi enggak jelas, hehe … Selang beberapa bulan kemudian, saya dapat email yang isinya kesempatan untuk mengikutis tes penulis lanjutan, and the rest was history.

Saya akhirnya jadi penulis konten di Kontenesia. Meskipun begitu, perjuangan ternyata masih berlanjut, Menjadi penulis konten ternyata bukan hal yang mudah. Di Kontenesia, setiap artikel konten yang ditulis harus sesuai dengan EYD, cocok untuk dibaca pengguna internet, dan mengandung SEO supaya mudah dideteksi Google.

Meskipun sudah hobi nulis dari masa Majapahit, ternyata enggak menjamin tulisan saya punya kualitas seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Malah awal-awal jadi penulis konten, saya sering dapat feedback tentang tulisan. Alhamdulillah nya, karena itu semua tulisan saya sekarang enggak jelek-jelek banget. EYD sudah mulai sesuai, konten yang dibuat pun readable dan SEO. Jadi cocok untuk dijadikan konten website atau blog.

Perbandingannya mungkin bisa kalian lihat di blog ini, bandingkan saja tulisan-tulisan saya sebelum ini dengan yang sedang kalian baca. Beda banget pastinya, kalau dulu satu paragraf bisa berbaris-baris isinya, sekarang hanya beberapa. Artikel konten memang harus begitu, karena kebanyakan pembaca mengakses lewat smartphone atau laptop, mereka pasti malas lihat tulisan sepanjang kereta.

Jadi, berminat menjadi penulis artikel konten?

Secara prestige sih penulis konten memang kalah mentereng dibandingkan mereka yang sudah punya buku. Karena pada semua tulisan yang dibuat untuk klien tidak tertulis nama pembuatnya malah kadang yang pesan artikel yang menuliskan nama mereka, istilah kerennya ghost writer.

Buat orang lain sih hal tersebut dianggap kerugian (ibu saya lebih tepatnya, hehe…). Percuma nulis banyak tapi enggak ada satupun orang yang mengenal nama kita. Tapi buat saya, berkat hal ini saya malah belajar ilmu ikhlas dan rendah hati. Biarlah nama saya enggak tertulis, yang penting bisa lihat tulisan saya bertengger di halaman pertama Google saja sudah cukup membuat bahagia.

Lagian saya enggak rugi-rugi amat kok, kan dapat honornya … hehe….

Saya juga dapat banyak ilmu baru yang sangat bermanfaat. Meskipun sampai detik ini masih harus banyak belajar, paling tidak bakat (cieee…) menulis saya yang selama ini tidak tersalurkan bisa menghasilkan dan bermanfaat dalam kehidupan. Aamiin.

Untuk buku, setiap penulis pasti ingin memiliki buku dengan nama mereka masing-masing. Saya juga begitu. Tapi daripada galau dan pundung karena merasa bakat menulisnya sia-sia, kita bisa kok menyalurkan aspirasi kita ke hal lain yang tidak kalah menghasilkan.

Selain jadi penulis konten seperti saya, kalian juga bisa membuat konten blog yang menghasilkan dari blog pribadi, atau nulis di Wattpad. Siapa tahu dari begitu banyaknya aktivitas menulis dan pengalaman, saat membuat buku nanti karya kita mudah lolos ke penerbit karena isinya berkualitas.

Jadi, daripada strolling seharian di media sosial dan komen-komen enggak jelas di akun artis dan gosip (pengalaman pribadi … hehe…), mending kita cari kesempatan-kesempatan untuk menyalurkan bakat. Sekarang ada banyak banget kok kompetisi dan lomba menulis yang bisa diikuti, sukur-sukur kalau kita bisa mendapatkan penghasilan dari hobi. Meskipun belum punya buku sendiri, yang penting rezekinya enggak jauh-jauh amat lah dari para penulis buku, aamiin.

Jangan lupa tinggalkan komentar dan follow blog ini ya! (semacam vlogger :D) Kalau kalian ada pengalaman tentang menulis lainyya, boleh lo tulis di bawah. Terima kasih sudah mampir ke blog yang hampir mati ini. Hehe…

PS: Semoga setelah ini blog saya bisa aktif lagi (doa pribadi), aamiin … 🙂

Advertisements

Melawan Lupa

Jumpa lagi…
Jumpa Vani kembali…
ya di sini…
Jumpa Vani kembali…

(dibaca dengan nada lagunya Maisy. Anak tahun 90an pasti tahu banget deh sama Kakak Maisy Ci Luk Ba yang mmmuuuuaaahhh itu, hehe)

Akhir-akhir ini kita pasti sering mendengar kalimat yang saya jadikan judul di atas. Entah itu dalam bentuk meme atau ocehan-ocehan di media sosial. Kalimat di atas sering kita jumpai digunakan untuk mengkritisi kinerja Bapak Presiden dan para pejabat pemerintah kita yang terhormat. Tujuannya untuk mengingatkan pemimpin kita sama janji-janji mereka dulu waktu kampanye, yang agak sedikit dilupakan (sedikit lho ya, gak banyak, Bapak-Bapak itu pasti ingatlah sama janji mereka, hehe). Tapi tulisan saya ini bukan untuk mengkritisi pemerintah kita kok. Tulisan ini untuk mengkritisi saya sendiri, hehe…

Semua orang yang kenal baik sama saya pasti tahu betapa “pelupa” adalah salah satu sifat saya yang banyak merugikan orang dan diri saya sendiri. Dan parahnya, penyakit pikun saya ini nggak serta merta datang waktu umur saya menjelang 30 tahun ini. Dari jaman masih ABG saya sudah mengidap penyakit konyol nan menyebalkan ini. Nah, sesuai dengan judul tulisan saya, akhir-akhir ini saya sedang berusaha menghilangkan imej tukang pikun yang sudah saya sandang selama bertahun-tahun..

Ada beberapa kejadian aneh bin ajaib yang saya alami gara-gara penyakit lupa saya ini. Pernah waktu Aliyah (SMA) saya marah sama teman-teman saya karena menyembunyikan kaca mata saya. Isi tas sudah saya bongkar, laci meja sendiri sampai laci meja teman sebangku sudah saya geledah tapi kaca mata tersebut tidak juga saya temukan. Saya sampai capek sendiri. Sampai akhirnya teman saya bingung kenapa saya marah-marah sambil bongkar-bongkar tas, waktu saya bilang saya lagi cari kacamata, dengan muka bingung dan melongo sambil menunjuk muka saya dia bilang, “Nah, yang kamu pake itu apa?”
Yak benar saudara-saudara. Kacamata yang saya cari-cari itu ternyata dari tadi sudah saya pakai. Kurang absurd apa coba. Separah itu pikun saya. Saya juga pernah cari-cari helm yang sudah saya pakai (iya, saking pikunnya saya nggak kerasa udah pake helm seberat itu), cari kunci yang sudah saya pegang, lupa taruh motor dan naik motor orang di parkiran gara-gara warnanya sama kayak motor saya, sampai saya lupa harus nurunin Ibu saya di mana. Soal nurunin ibu saya ceritanya begini, jadi Ibu saya minta saya untuk mengantar beliau ke kantor Ayah saya karena ada rapat Dharma Wanita, bukannya saya antar ke kantor Ayah, saya malah nurunin Ibu saya di depan sekolah adik saya yang kebetulan ada di samping kantor Ayah, waktu itu saya ingetnya lagi bawa adik saya, bukan Ibu saya. Dan Ibu saya cuma bisa geleng-geleng kepala lihat kelakuan anak gadisnya yang sudah mulai nyicil pikun ini.

ID-1001447831

Menurut berbagai sumber terpercaya (dari Google lebih tepatnya), ada beberapa hal yang membuat seseorang pikun, faktor utamanya umur, bisa juga karena kurang olahraga, kurang asupan gizi untuk otak, stres atau depresi, kurang mengasah otak, kurang tidur, dan mengkonsumsi alkohol dan narkoba.Dalam kasus saya mungkin penyebabnya adalah kurang olahraga, kurang mengasah otak dan stres atau depresi. Walaupun kelihatannya sehat, cerdas dan ceria, saya ini tipe orang yang mudah stres. Kalau sudah kena masalah, daripada menceritakan dan membaginya ke orang lain, saya simpan sendiri masalah itu sampai stres sendiri. Saya juga tipe orang yang super duper malas olahraga, bahkan untuk sekedar jalan kaki ke warung terdekat pun malasnya ampun-ampunan. Kalau soal mengasah otak, jangan ditanya lagi. Saya mending asah pisau daripada asah otak. Hehe..

Mungkin hal-hal tersebut yang menyebabkan penyakit lupa saya tak kunjung menghilang. Sampai-sampai teman saya pernah menyarankan saya untuk mulai minum multivitamin otak untuk mengurangi kadar kepikunan saya. Sebenarnya saya sudah mulai melakukan beberapa hal untuk melawan penyakit lupa ini. Seperti misalnya, saya selalu menyimpan barang-barang di tempatnya masing-masing, sehingga mudah ditemukan. Saya selalu mencatat hal-hal yang akan saya lakukan hari ini, atau barang yang akan saya beli. Saya juga sering latihan menghitung uang tanpa kalkulator, mengingat tanggal-tanggal dan nomor-nomor telepon yang penting tanpa melihat catatan. Setiap pagi saya bangun lebih pagi dari alarm ponsel saya dan mulai menghafal surat-surat pendek di Al Quran.

Sedikit banyak hal-hal tersebut mengurangi kepikunan saya walaupun tidak serta merta melenyapkannya. Kayaknya otak saya bekerja di luar kendali saya, dia memilih apa yang ingin dia ingat dan apa yang ingin dilupakan. Lucunya yang harus diingat malah dilupakan, yang gak seharusnya diingat malah disimpan.. 😀

Kalau menurut berbagai sumber terpercaya (mbah Google lagi), ada beberapa tips agar kita tidak mudah lupa, yaitu:

  • Aktif secara mental.
    Mungkin maksudnya adalah mengasah otak. Seperti membaca buku, mengisi TTS, main catur, membaca buku atau mengerjakan sesuatu yang membuat kita mengoptimalkan fungsi otak kita.
  • Rutin bersosialisasi.
    Dengan rutin bersosialisasi mungkin akan membantu kita untuk lebih terbuka dengan sekitar dan mengurangi stres dengan cara berbagi dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekeliling kita
  • Jadilah terorganisasi.
    Hal ini sama dengan yang sudah saya lakukan. Menyimpan barang di tempat yang sama, mencatat berbagai hal yang mudah kita lupa, dan menata barang-barang sesuai urutan agar mudah kita ingat.
  • Tidur yang cukup.
    Kalau soal ini saya jagonya. Saya hobi tidur. Jadi di antara semua tips, tips yang satu ini mungkin yang paling mudah saya lakukan. Tidurlah paling tidak 7 jam sehari agar otak kita cukup beristirahat dan kembali optimal saat bangun nanti.
  • Olahraga Secara Rutin.
    Olahraga secara rutin akan membuat aliran darah dan oksigen menuju otak lancar. Katanya, suplai oksigen yang cukup ke otak akan membantu mengoptimalkan fungsi otak dan membantu pertumbuhan sel-sel baru dalam otak

Sepertinya selain yang sudah saya lakukan, saya juga harus mulai mengikuti tips-tips yang saya tulis ulang di atas. Bayangan kalau tua nanti saya tiba-tiba nyasar dan nggak bisa pulang ke rumah sendiri selalu membuat saya takut. Saya nggak kebayang kalau masih umur segini saya udah pikun bagaimana waktu tua nanti. Saya nggak mau jadi pikun seumur hidup. Dan semoga setelah tulisan ini penyakit lupa saya sedikit demi sedikit berkurang dan semakin membaik. Biar nantinya nggak lupa lagi kalau punya blog yang harus selalu diisi, ngakunya blogger tapi jarang ngeblog, hehe..

Aamiin Allahumma Aamiin… 🙂

Welcome 2015, Welcome New Me!! :)

pizap.com14210718855111

Yieyyy… Finally. Setelah vakum sekian lamanya, akhirnya saya bisa ngeblog lagi. Dan lagi-lagi takjub, karena ternyata walaupun vakum begitu lamanya, masih saja ada yang sudi mengunjungi blog kumuh nan sederhana ini, jadi pingin nangis deh, terharu… T.T

Selama vakum ngeblog, banyak hal yang terjadi dalam hidup saya. Dari yang paling membuat dunia saya terbolak-balik, sampai yang membuat saya terbang terombang ambing. Pokoknya banyak cerita yang kalau saya tulis semuanya di sini nggak mungkin selesai sehari, hehe, agak lebay sedikit boleh dong? Yang jelas, Insya Allah, mulai hari ini saya rajin ngeblog lagi, karena kembali aktif ngeblog adalah salah satu resolusi tahun baru saya. 🙂

Oh iya, selamat tahun baru 2015 ya teman-teman.
Semoga, tahun ini kita semua menjadi orang yang lebih baik lagi daripada tahun lalu. Aamiin Allahumma Aamiin…

Terakhir. Terimakasih banyak yang sudah meninggalkan komentar dan membagi tulisan-tulisan dari blog saya. Sedikit banyak saya merasa dihargai dan termotivasi untuk lebih rajin ngeblog lagi. Terimakasih. Dan postingan pertama saya di tahun ini semoga jadi pembuka dan pionir hadirnya postingan-postingan lain yang lebih bermanfaat dan menginspirasi (eciehhh…) hehe, aamiin.