Liburan Berarti…

1. Beberes Aksesoris dan Kamar

102_0192

Namanya perempuan. Kadang saya hobi pakai aksesoris, entah itu saya pakai di jari, tangan atau saya kaitkan ke kerudung sebagai hiasan. Setiap pakai saya selalu lupa mengembalikan ke tempatnya dan hanya saya letakkan di cawan-cawan keramik yang ada di meja rias saya. Biasanya sebulan sekali baru akan saya bereskan. berhubung libur akhir tahun kali ini lumayan panjang, sudah dua bulan lebih aksesoris-aksesoris itu sengaja saya biarkan berserakan di atas meja. Karena memang setiap liburan saya hobi beres-beres kamar dan aksesoris saya. Padahal sebenarnya nggak harus nunggu liburan untuk beberes kan ya? Tapi, saya merasa waktu yang saya punya lebih banyak untuk membereskan itu semua pada saat liburan walaupun sebenarnya kurang dari setengah jam juga sudah selesai dirapikan semua kalau saya mau. Mungkin dasarnya emang males, jadi harus menunggu liburan untuk membereskan semua, hehe.

2. Nonton Film Bajakan

cats

Harus saya akui saya lebih suka mengunduh film-film terbaru dari internet daripada melihatnya langsung di bioskop. Bukannya tidak menghargai karya orang lain, saya yakin ada banyak cara lain untuk mengungkapkan apresiasi saya terhadap sebuah karya film, seperti mengulasnya di blog saya atau ikutan voting di forum-forum dan ajang penghargaan film online, selain harus nonton langsung film-film tersebut di bioskop. Hehe, alasan yang mengada-ada memang. Mohon maaf nih, alasan utamanya sih lebih karena kadar kantong saya.. hehe. Dan biasanya, saya selalu menonton film-film yang saya unduh itu ketika liburan, selain untuk mengisi waktu, untuk hiburan juga. Karena kalau hari biasa saya malas nonton film dan lebih suka mengerjakan hal lainnya, seperti, tidur misalnya… 😀

3. Mewarnai

102_0204

Akhir-akhir ini saya lagi punya hobi baru yaitu mewarnai. Penyebabnya agak kekanakan sebenarnya. Beberapa bulan lalu ekstra mewarna yang sudah lama vakum sejak akhir tahun ajaran kemarin akhirnya diaktifkan lagi di tempat saya mengajar. dan setiap ada kegiatan ekstra mewarnai saya selalu iri sama anak-anak di kelas saya yang diajari bagaimana cara mengaplikasikan warna dan bermain dengan berbagai gradasi warna pada sebuah gambar oleh guru mewarna mereka, sejak itu saya membeli seperangkat krayon untuk saya pakai kalau ada ekstra mewarnai. Iya, saya ikutan mewarna juga seperti anak-anak. Dan liburan kali ini rencananya saya mau latihan mewarna untuk melengkapi gambar-gambar hasil mewarnai yang saya tempel di tembok kamar sebagai hiasan. Mungkin karena dulu waktu kecil hobi saya main di luar rumah, baru sekarang saya tahu senangnya mewarnai. Jadi nyesel deh kenapa nggak dari dulu saya hobi mewarnai, hehe.

4. Membaca Ulang Koleksi Buku dan Novel

102_0209

Membaca termasuk hobi lama saya selain hobi baru saya yang lain seperti nonton film dan mewarnai. Jadi sejak lulus SMA dan mampu beli komik dan buku sendiri, saya mulai koleksi buku-buku dan komik-komik favorit saya. Biasanya, kalau liburan panjang seperti ini saya suka membaca ulang komik dan novel-novel koleksi saya. Walaupun sebenarnya saya sudah tahu akhir dan jalan ceritanya, tapi nggak tahu kenapa, membaca ulang buku-buku itu selalu jadi aktivitas menyenangkan dan menenangkan. Saya ini tipe orang yang kalau sedang membaca bisa lupa segalanya. Jadi kalau orang lain butuh meditasi untuk berkonsentrasi dan mengosongkan pikiran, saya hanya butuh membaca. Dijamin, saya jadi orang paling budek sedunia kalau sedang membaca, hehe..

5. Ke Bromo

Mengunjungi gunung Bromo dan melihat pemandangan matahari terbitnya sudah jadi impian saya sejak kelas 3 SMP. Penyebabnya sepele hanya gara-gara tetangga saya pamer foto-foto dia dan keluarganya saat berkunjung ke Bromo, dan sejak melihat itu saya punya imajinasi saya sendiri tentang betapa indahnya Bromo. Sudah beberapa kali sebenarnya saya mendapatkan kesempatan untuk berlibur ke salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Timur itu. Tapi selalu ada banyak hal yang membuat saya tidak jadi ke sana. Harapan saya sih, liburan ini saya bisa ke sana bersama keluarga atau teman. Tapi sepertinya impian saya akan kandas lagi karena liburan akhir tahun ini cuma saya saja yang liburan panjang, teman-teman dan keluarga saya memiliki kesibukan masing-masing yang membuat liburan mereka hanya sebentar. Yah, mungkin tahun depan, sama keluarga saya sendiri alias suami, hehe.. Aamiin.

Inti liburan sebenarnya istirahat. Apalagi liburan akhir tahun seperti ini, harusnya lebih banyak introspeksi tentang tahun yang akan ditinggalkan dan beresolusi untuk tahun yang akan datang. Tapi nggak ada salahnya juga sedikit menghibur dan menyegarkan fikiran setelan setahun bekerja. Kalau saya pribadi sih lebih ke pemulihan otak, hati, dan jiwa setelah berbagai drama yang terjadi di tahun ini. Apapun itu, pastikan liburan kita bermanfaat bagi kita lebih bagus lagi untuk orang-orang di sekitar kita. Baidewei, selamat berlibur temans… 🙂

A systemic cleansing and detox is definitely the way to go after each holiday. It is the key to fighting high blood pressure, heart disease, cancer, and other health-related illnesses.

Lee Haney-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s