#NovemberNgeblog The Closing

Alhamdulillah, akhirnya kita sampai pada akhir Bulan November juga. Ini artinya event #NovemberNgeblog berakhir pula. Meskipun yah, event ini tidak bisa dikatakan sepenuhnya sukses, karena saya tidak posting apapun pada #Day 25 dan #Day 28, hal yang sangat amat saya sesali sebenarnya, karena saya nggak bisa komitmen sama janji pada diri saya sendiri. Harus saya akui, ngeblog setiap hari itu tidak mudah. Salut deh sama teman-teman blogger yang berkomitmen untuk rutin ngeblog setiap hari, Bravo… πŸ™‚

Selama 30 hari ke belakang, banyak hal yang saya dapat dan pelajari dari #NovemberNgeblog ini,

1.) Manajemen waktu saya lebih baik. Selama 30 hari ke belakang saya benar-benar memaksakan diri untuk mengatur setiap detik yang saya miliki. Di tengah kewajiban-kewajiban saya di dunia nyata, saya juga harus menyempatkan diri untuk ngeblog di sela-sela waktu saya. Hal ini yang membuat hampir tidak ada waktu yang saya lewatkan dengan sia-sia. Kembali lagi, meskipun saya kalah telak sama waktu di hari ke 25 dan 28, hehe. Tapi saya tetap bangga sama diri saya sendiri yang sudah mampu mengatur waktu sedemikian rupa sehingga saya bisa menghabiskan setiap waktu yang saya miliki dengan hal-hal yang bermanfaat. Tepuk tangan untuk saya yang dulunya payah dalam manajemen waktu… πŸ˜€ *narsis*

2.) Ingatan saya lebih tajam. Untuk posting sesuatu, saya tidak hanya mengandalkan sumber bacaan dari luar, tapi juga ingatan dan pengetahuan saya pribadi. Nah, #NovemberNgeblog ini membuat saya sering mengasah otak dan ingatan untuk memperkaya isi tulisan saya.

3.) Saya jadi penasaran sama banyak hal. Dalam dunia nyata dan dunia maya yang kita huni ini, banyak hal yang belum kita ketahui dan pelajari. Berkat ngeblog selama 30 hari berturut-turut, ehm, 28 hari berturut-turut lebih tepatnya, saya jadi penasaran sama banyak hal yang membuat saya baca sana-sini dan browsing kesana kemari untuk memenuhi rasa penasaran saya dan bahan tulisan saya. Dan hal ini benar-benar memperkaya pengetahuan saya yang tadinya cuma sekelingking, sekarang jadi setelapak tangan, hehe πŸ˜€

4.) Saya jadi tahu ide itu bukan ditunggu datangnya tapi dijemput atau bahkan diculik. Dulu, kalau ingin menulis sesuatu saya selalu menunggu mood dan ide. Tapi karena dalam #NovemberNgeblog saya mewajibkan diri saya sendiri untuk selalu ngeblog, saya jadi sering menjemput dan menculik ide dimanapun dia berada. Ternyata mungkin loh, jadi mulai sekarang nggak ada deh ceritanya nggak ada ide atau nggak mood nulis. Oke vani! πŸ™‚

5.) Terakhir. Saya makin cinta dengan dunia menulis dan ngeblog. Dari dulu hobi saya menulis, tapi dulu, saya selalu nggak pede dengan tulisan saya sendiri. Meskipun saat ini tulisan saya masih jauh dari sempurna. Tapi saya seneng, karena ternyata ada yang mau membaca tulisan-tulisan saya di blog ini. Ini yang membuat saya termotivasi untuk menulis dengan lebih baik lagi dan semakin rajin ngeblog. Harapan saya, suatu saat nanti saya akan jadi penulis dan blogger yang tulisan-tulisannya memberi indpirasi dan manfaat bagi banyak orang. Semoga saya bisa, aamiin.

Meskipun event ini proyek pribadi saya. Tapi secara langsung maupun tidak langsung banyak pihak yang mendukung keberlangsungan #NovemberNgeblog ini. Terimakasih yang pertama untuk adik saya yang rela berbagi internet dan mau mengalah ngenet di kampus agar tugas-tugas onlinenya bisa tetap ia kerjakan dan saya bisa tetap ngeblog, matur tenkyu yo le πŸ™‚ . Yang kedua untuk Mbah Google, para Blogger, dan folder-folder jaman kuliah saya yang sudi membagi artikel, pengetahuan, dan menjadi salah satu sumber ide dan inspirasi tulisan-tulisan saya, terima kasih. Yang ketiga, untuk komunitas-komunitas blogger yang bersedia memberikan tempat untuk saya mempromosikan blog saya, untuk Warung Blogger, BlogCamp, dan Blogger Indonesia. Terima kasih, semoga makin jaya. Terakhir, untuk teman-teman pengunjung blog ini, yang sudi meninggalkan komentar, jejak, atau sekedar berkunjung. Terimakasih, karena berkat kunjungan Anda semua, saya makin termotivasi untuk lebih sering ngeblog dan nulis ke depannya. Semoga Allah membalas dengan pahala dan rizki yang melimpah, aamiin.. πŸ™‚

I write to give myself strength. I write to be the characters that I am not. I write to explore all the things I’m afraid of.
–Β Joss WhedonΒ –

Tulisan ini disponsoriΒ eventΒ :
novemberngeblog

Leave a Reply

