#NovemberNgeblog : The Prelude, Day 0

novemberngeblog

 

Saya sebenarnya sedang heran sama diri saya sendiri yang akhir-akhir ini jadi rajin nge-blog, apa karena efek menang Giveaway-nya Keven ya? Haha. Harapannya sih, semangat semacam ini nggak pernah akan pudar. Kalau boleh jujur nih, saya sebenarnya sudah terjun di dunia per-blog-an sejak tahun 2007 awal. Waktu itu saya mainnya (ciehhh, main dia bilang, togel kali..) di Multiply (May he rest in peace T.T) dan Blogspot. Tapi, waktu itu tulisan saya masih acakadut dan hanya saya pengunjung tetap blog saya (sampai sekarang juga sih, hehe). Mood saya juga naik turun, jadi selama 4 tahun ngeblog di Multiply hanya beberapa tulisan saja yang sukses saya posting. Begitu Multiply tewas, lalu saya tutup akun Blogspot saya (karena kalau dibaca-baca lagi isinya bikin malu sendiri), saya buka akun WordPress ini, dan saya mulai rajin nge-blog lagi. Saya kadang iri sama teman-teman blogger yang aktif dan hampir nggak pernah absen seharipun dari kegiatan per-blog-an. Kayak tadi siang, saya nggak sengaja mampir ke sebuah blog dari seseorang yang baru nge-blog selama 10 bulan tapi sudah menghasilkan lebih dari 200 tulisan, keren kan? Semangatnya luar biasa sekali.

Sebenarnya penyebab kemalasan saya untuk ngeblog ini sederhana. Hanya malas, tapi alasan malas itu selalu saya tutupi dengan alasan-alasan klasik lainnya seperti nggak ada waktu lah, takut nggak ada yang baca, takut tulisannya jelek, atau postingannya lebay dan berjuta alasan lainnya. Biasanya semangat saya muncul kalau saya lagi ada ide untuk menulis suatu hal, dan untuk mempertahankan semangat ini, saya harus terus penasaran sama segala hal agar ada bahan untuk ditulis. Tapi semangat semacam ini munculnya setiap 10 purnama sekali, jarang banget. Dan akhir-akhir ini, biar tetap eksis di dunia per-blog-an, saya mencoba berfikir sebaliknya. Saya mikir cuek aja. Ini blog saya, tulisan saya, dan buah fikiran saya, selama yang saya tulis nggak menyakiti dan merugikan orang lain, saya akan terus nge-blog. Perkara orang nggak suka tulisan saya itu pilihan mereka, dunia maya ini, kecil kesempatan saya akan bertemu mereka di dunia nyata. Kalau mereka nggak suka, tinggal klik ā€œXā€ saja, selesai perkara. Hehe

Rencananya, untuk mempertahankan api semangat ngeblog yang sedang membara dalam diri saya (jiahhh…), saya mau menantang diri saya sendiri untuk berkomitmen memposting paling tidak 1 tulisan setiap harinya mulai tanggal 01 November besok, sampai 30 hari ke depan. Tantangan ini terinspirasi dari event #JuliNgeblog nya Mbak Okke Sepatu Merah dan 30 hari ngeblog nya blogdetik.com.

Kenapa harus bulan November?

Beberapa bulan belakangan saya sedang ditimpa musibah yang benar-benar merubah cara pandang saya akan hidup. Saya juga merasa saya bukan Vani Laila Fitriani yang saya kenal dulu, karena terlalu banyaknya sifat dasar saya yang berubah. Dan Insya Allah, di akhir bulan November nanti permasalahan saya akan selesai, karena itu saya ingin melakukan sesuatu untuk memperingati nya, sebagai sebuah memoar juga, walaupun saya nggak ada niat untuk membuat tulisan tentang musibah yang saya alami itu, tapi paling tidak, ketika suatu saat nanti saya baca tulisan-tulisan saya di event #NovemberNgeblog, saya akan ingat, oh karena peristiwa itu loh saya berubah dan saya nggak boleh jatuh ke lubang yang sama lagi sekalipun lubang tersebut adalah guru terbaik yang pernah saya temui dalam hidup. Selain itu, tanggal 20 November nanti adalah hari ulang tahun saya yang ke-25. Harapannya sih event #NovemberNgeblog ini juga bisa jadi ajang mengeksploitasi hal-hal apa saja yang telah saya alami selama 25 tahun hidup saya, hehe.

Intinya, saya ingin terus menulis, karena menulis adalah salah satu cara saya untuk memulihkan “sakit jiwa” saya.. hehe. Semoga saya berkomitmen dan selalu ada ide untuk bahan tulisan saya selama event #Novemberngeblog ini. Doakan saya ya folks.. šŸ™‚

Oh iya, yang tertarik dan mau ikutan juga boleh. Nggak maksa dan nggak mewajibkan juga, dibawa nyantai aja, siapa tahu kalau ikutan event #NovemberNgeblog ada yang bisa jadi rajin ngeblog juga, ehemm… *colek teman saya yang di Cilacap* ;p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s