Motherhood : Antara Menjadi Ibu dan Perempuan

Kategori                  : Film
Genre                       : Drama komedi
Sutradara               : Katherine Dieckman
Pemain                    : Uma Thurman, Minnie Driver, Anthony Edwards
Penulis                    : Katherine Dieckman
Rumah Produksi : iDeal Partners Film Fund
Durasi                     : 90 Menit
220px-Motherhoodposter093746

Eliza Welsh (Uma Thurman) adalah seorang Ibu rumah tangga yang tinggal di Manhattan bersama kedua anaknya Clara dan Lucas dan suaminya Avery McKendrick (Anthony Edwards). Filem ini berkisah tentang kegiatan Eliza pada tanggal 25 Mei yang merupakan hari ulang tahun anaknya, di tengah kesibukannya mempersiapkan pesta ulang tahun ke 6 anaknya ia dihadapkan dengan sejuta “tanggung jawab” dan “kewajiban” seorang ibu rumah tangga yang juga merawat tetangganya yang pikun. Film ini menyorot pada kegiatan Eliza yang mungkin juga dialami oleh kebanyakan ibu rumah tangga di Amerika, dari mempersiapkan sekolah anaknya, memasak sarapan, belanja kebutuhan sehari-hari dan untuk pesta ulang tahun anaknya, mengajak anjing dan anaknya jalan-jalan ke taman seraya menyelesaikan tulisannya di sebuah blog, dan mengejar waktu agar tulisannya bisa sempat ia kirim ke kontes menulis tentang “ibu.” Uma Thurman sangat bagus memerankan seorang ibu dengan jadwal hariannya yang padat sementara ia harus menghadapi suami yang cuek dan berbagai masalah yang tak diduga seperti memindahkan mobilnya jauh dari apartemen tempat tinggalnya karena lingkungan apartemennya digunakan untuk syuting sebuah film, menghadapi sesama Ibu rumah tangga yang sedikit gila, bertengkar saat antri di supermarket, berdebat dengan penjaga toko kue karena salah menulis nama anaknya, dan membawa banyak barang belanjaan dengan sepeda yang bocor karena mobilnya diderek.

Eliza yang terlanjur stres lalu bertemu seorang kurir di depan apartemennya. Perlakuan kurir yang bernama Mikesh itu membuat Eliza merasa diperlakukan sebagai seorang perempuan yang kecantikannya tertutup oleh gurat-gurat kelelahan seorang Ibu rumah tangga, ia merasa dihargai. Tetapi, “penderitaan” Eliza ternyata tidak berakhir begitu saja. Eliza justru semakin tertekan ketika sahabatnya marah karena nama aslinya dicantumkan di dalam blog, ia pun merasa semakin frustasi, ia lalu memutuskan pergi ke luar kota dan menggugat cerai suaminya. Akhir cerita ini tentu saja bahagia, Eliza tidak jadi menceraikan suaminya dan kembali mencintai kehidupannya sebagai seorang ibu rumah tangga dan Perempuan.

Motherhood mungkin sama dengan kebanyakan film komedi keluarga lainnya, tapi menurut saya film ini menggambarkan pergulatan batin Eliza Welsh yang merasa “terjebak” di dalam kehidupan yang dulu ia inginkan, ia merasa tidak mampu mengekspresikan dirinya sebagai seorang perempuan yang independen, yang melakukan segala hal yang dia inginkan bukan karena ia harus melakukannya tetapi karena memang ia ingin melakukannya. Dari film ini kita tahu bahwa menjadi Ibu rumah tangga tidak hanya berkutat pada urusan dapur, kasur dan sumur, lebih dari itu. Bahkan menurut hadits yang pernah saya baca, perempuan atau seorang Ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya.

Film ini menjadi salah satu film favorit saya karena di sini Eliza Welsh digambarkan seorang feminis yang rajin menuangkan buah fikirannya di blog miliknya, ini seperti menunjukkan sisi lain seorang feminis yang tidak mengabaikan kewajiban dan kebutuhannya sebagai seorang Ibu dan perempuan. Eliza menunjukkan, menjadi seorang feminis tidak serta merta menghilangkan sisi keibuan kita, dan begitupun sebaliknya menjadi seorang ibu tidak serta merta menjadikan kita seorang perempuan yang kehilangan eksistensinya sebagai seorang manusia yang berhak menentukan seperti apa seharusnya ia dipandang.

Selamat menonton.

Note: Ulasan ini pernah ditulis di “almarhum” myeve.multiply.com pada 04 April 2011  11:07 PM
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s