Bodohnya Cinta

Apakah arti kata cinta untuk anda?

Ada yang bilang cinta itu tidak dapat didefinisikan, semakin memiliki arti, semakin sempit pula arti cinta itu. Karena hakikat cinta sangat luas dan tak terdefinisi, tak bisa dimaknai atau diterjemahkan artinya.

Ada lagi pendapat lain yang bilang kalau cinta adalah perasaan yang membahagiakan yang muncul ketika kita bertemu seseorang yang tepat menurut kita.

Buat saya, cinta itu bodoh. Segala kebodohan yang dilakukan semua orang di dunia ini pasti bermula dari cinta. Seorang Ibu rela mati demi anak yang akan dilahirkannya, seorang istri rela menanggung beban rumah tangga demi menjaga perasaan suaminya, seorang ayah rela banting tulang demi keluarganya, dan seorang kekasih bahkan dengan bodohnya menyerahkan keperawanannya karena cinta. Cinta itu universal bukan? Semua orang, sekeras apapun hatinya pasti pernah merasakan cinta, entah cinta versi apa, yang jelas mereka pasti pernah melakukan kebodohan karena cinta.

Saya seorang penggemar film, segala jenis film asal jalan cerita dan eksekusinya bagus pasti jadi favorit saya. Begitupun dengan film romantis, selama ini kebanyakan tokoh utama dalam film romantis yang saya tonton selalu melakukan kebodohan yang sama, mereka selalu jatuh cinta pada orang yang salah, padahal di sekitar mereka selalu ada tokoh lain yang mencinta mereka secara tulus. Bodoh, karena mereka lebih memilih bercapek-capek mencintai daripada dicintai. Baru di akhir film mereka sadar siapa yang sebenarnya pantas untuk mereka cintai. Tapi kalau di kehidupan nyata, apa iya harus menunggu sampai film berakhir?

Anehnya, cinta tetap tampak istimewa walaupun telah berabad-abad terbukti sebagai biang kebodohan orang. Orang tetap jatuh cinta biarpun mereka tahu kalau yang namanya jatuh dimana-mana pasti sakit, nggak ada yang enak. Orang juga masih rela berkali-kali patah hati untuk kembali merasakan cinta, bahkan ada yang rela membunuh diri sendiri karena cinta. Bodoh bukan? Salahkan Cinta.

Cinta. Topik yang nggak akan pernah selesai untuk dibahas. Sebuah bahasa universal yang banyak digunakan orang tapi tidak pernah ada yang benar-benar menemukan makna dan arti yang sebenarnya. Bahkan sebelum kita mengenal kata cinta, kita sudah dibuat bodoh dengan jutaan definisi cinta dari berjuta kepala.

Ada yang bilang, kalau sudah cinta, tahi kucing pun jadi rasa coklat. Aneh. Tapi itulah cinta. Tanyakan tentang cinta pada semua Don Juan, playboy dan Cassanova yang anda kenal, sebanyak apapun pengalaman mereka dengan cinta, pasti tak satupun dari mereka yang benar-benar mampu mendefinisikan makna cinta yang sebenarnya.

Mungkin seperti itulah cinta diciptakan Tuhan. Sama seperti keberadaannya yang tampak, definisi cintapun tak ada yang benar-benar tepat. Karena setiap orang memiliki definisinya masing-masing tentang apa itu cinta bagi mereka. Buat saya, cinta itu bodoh dan akan senantiasa begitu. Tapi, kalau dengan menjadi bodoh saya akan membahagiakan orang di sekitar saya, saya akan senantiasa mencinta dan menjadi bodoh. Karena saya mencintai mereka semua.

My name is Vani Laila Fitriani, and I am a loveaholic. Any question?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s