First Day a.k.a Thirst Day

Hari ini hari pertama masuk kuliah. Puasa pertama juga, karena si “Bulan” datang tepat dihari pertama puasa. Mata kuliah yang menyambut saya adalah mata kuliah cross culture understanding. Dosen yang seharusnya mengajar ternyata digantikan seorang wanita dari Amerika, Ms. Kendra Staley. Miss yang asli Elsworth, Kansas ini cukup bikin saya deg-deg an plus mati gaya. Sudah 3 semester tidak merasakan “sentuhan” seorang native speaker bikin saya menjadi sedikit shock.

Intinya hari ini saya belum siap menghadapi perkuliahan setelah liburan yang menurut saya terlalu panjang ini. Saat liburan saya sempat dibuat stres dengan deadline saya untuk diri saya sendiri yaitu bekerja. Sebenarnya saya sudah lama mencari pekerjaan part time untuk mengisi waktu saya yang terlalu luang ini, tapi sampai sekarang deadline itu tak pernah terpenuhi.

Melihat seorang Kendra Staley pagi ini membuat saya sedikit terinspirasi. Seorang wanita lajang, berumur 26 tahun tapi sudah melanglang buana ke seluruh dunia menjadi seorang native speaker, sebuah pengalaman mahal bagi saya. Saya jadi membayangkan seandainya bahasa indonesia termasuk bahasa internasional apakah saya bisa menjadi seorang Kendra? Melihat Kendra, saya menjadi ingat pada beberapa native speaker yang pernah mengajari saya. Mereka adalah seorang asing di negara kita, tapi kecintaan mereka pada budaya Indonesia melebihi kecintaan kita. Dan walau mereka lama meninggalkan negara asal mereka, mereka tidak begitu saja melupakan kebudayaan negaranya.

Hari pertama kuliah saya memang sedikit menjemukan dan melelahkan. Tapi hal itu tak lantas membuat saya tak memperhatikan setiap mata kuliah yang saya dapatkan.

Saya jadi sangat haus hari ini, Pertama karena memang saya sedang berpuasa ditambah cuaca yang panas. Kedua, karena hari ini saya menemukan sesuatu. Yaitu cita-cita yang saya yang sempat hilang beberapa semester ini. Saya haus menjadi seseorang yang sukses. Sukses akhirat dan dunia. Dan yang saya butuhkan adalah semangat. Semangat yang sempat saya rasakan 5 tahun lalu.

Leave a Reply

